Januari 25, 2020

MODEL KESEIMBANGAN UMUM PEREKONOMIAN INDONESIA


MODEL KESEIMBANGAN UMUM PEREKONOMIAN INDONESIA:

Teori dan Aplikasi Dampak Perubahan Harga dan Produksi Padi terhadap Kinerja Ekonomi Sektoral dan Kesejahteraan

Model keseimbangan umum adalah suatu kerangka kerja untuk menganalisis hubungan antara pasar, industri, faktor sumber daya dan institusi. Keseimbangan umum merupakan interaksi antara permintaan dan penawaran baik input maupun output dalam beberapa pasar yang berbeda dan sektor ekonomi yang berbeda. Keseimbangan umum ter­jadi apabila permintaan dan penawaran pada masing-masing pasar dalam sistem tersebut berada dalam kondisi keseimbangan secara simultan. Tingkat harga ke­seimbangan yang terwujud merupakan solusi dari sistem persamaan simultan yang menggambarkan perilaku setiap pelaku ekonomi dan keseimbangan di setiap pasar.

Apabila kondisi keseimbangan terjadi gangguan yang mengakibatkan ketidakseimbangan (dis­equilibrium) pada suatu pasar secara parsial, maka akan segera diikuti oleh penyesuaian di pasar yang bersangkutan dan selanjutnya terjadi proses penyesuaian di pasar lainnya (simultaneous adjustment) yang membawa perekonomian secara keseluruhan kembali pada kondisi keseimbangan yang baru. Mekanisme pencapaian keseimbangan pada semua jenis barang pada semua pasar yang berlaku bagi produsen dan konsumen disebut sebagai analisis keseimbangan umum (Computable Gene­ral Equilibrium/ CGE).


Buku ini disusun berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan, terutama menyangkut kebijakan tentang harga beras dan produksi padi. Perubahan harga beras, produksi padi, ataupun kombinasi dari keduanya akan sangat berdampak terhadap perekonomian dan kesejahteraan kelompok rumah tangga di Indonesia secara menyeluruh.

Tags :

bm

Delta Pijar

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Delta Pijar
  • Februari 24, 1989
  • 1220 Manado Trans Sulawesi
  • contact@example.com
  • +123 456 789 111

Posting Komentar