Oktober 07, 2022

ETNOMATEMATIKA DALAM MEDIA KOMIK

 

ETNOMATEMATIKA DALAM MEDIA KOMIK

Penulis: Supriyo & Ani Afifah


Sinopsis:

Etnomatematika merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang mampu memberikan pengalaman menarik terhadap siswa sehingga matematika dirasa dekat dengan siswa. Etnomatematika dapat digunakan sebagai sebuah program yang bertujuan untuk mempelajari bagaimana siswa dapat memahami, mengartikulasikan, mengolah, dan akhirnya menggunakan ide-ide matematika, konsep, dan praktik yang dapat memecahkan suatu permasalahan sehari-hari.

Proses pembelajaran tidak akan efektif dan menarik apabila guru hanya ceramah tentang hal-hal yang terjadi. Untuk itulah diperlukan suatu media yang dapat dilihat, dapat didengar dan dapat dibaca oleh siswa. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah untuk menangani tantangan dalam pembelajaran adalah penggunaan media pembelajaran komik dikarenakan adanya kecenderungan bahwa banyak orang menyenangi dan pernah membaca komik.

Media komik yang digunakan dalam pembelajaran dapat menghasilkan keinginan dan minat baru, meningkatkan motivasi dan stimulasi kegiatan belajar, dan membawa efek psikologis pada siswa. Dalam penggunaan komik, siswa lebih tertantang dalam mengerjakan tugas dan juga menggunakan kemampuan berpikir kritis dengan menganalisa cerita dan seni. Selain itu, melalui media komik, guru dapat mengomunikasikan secara visual. Hal ini disebabkan karena komik berpotensi sebagai sarana yang lebih informatif dan juga alternatif yang tepat dalam pembelajaran.

Buku ini sangat tepat digunakan sebagai referensi bahan perkuliahan maupun sebagai referensi untuk penelitian terkait dengan media pembelajaran. Adanya penjelasan mengenai peranan komik berbasis etnomatematika dalam pembelajaran yang dilakukan oleh penulis menjadikan buku ini sangat praktis digunakan sebagai referensi penelitian bidang pendidikan.


Tags :

bm

Delta Pijar

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Delta Pijar
  • Februari 24, 1989
  • 1220 Manado Trans Sulawesi
  • contact@example.com
  • +123 456 789 111

Posting Komentar