Oktober 27, 2022

HUJJAH ASWAJA: MENJAWAB PROBLEMATIKA UMMAT

 

Penulis: 

Dr. KH. Faris Khoirul Anam, Lc., M.H.I.

M. Alifudin Ikhsan, S.Pd., M.Pd.

Prof. Dr. H. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I.

Dr. H. Abdul Adzim, Lc., M.Pd.

Zahrotul Muzdalifah, S.Pd., M.Pd.


Ancaman radikalisme baik dalam pemikiran dan aksi makin meningkat. Dalam bidang teologi, terdapat beberapa hal yang berpotensi menjadi pemicu munculnya paham radikalisme-takfiri, seperti hakimiyah, al-wala wa al-bara, dan sebagainya. Radikalisme pun tidak hanya dalam bentuk aksi anarkisme tetapi juga bergeliat dalam pemikiran Islam itu sendiri. Hal ini nampak dalam bidang amaliyah ubudiyah fikih, babon tasawwuf, hingga bidang teologis dan hukum Islam. Kondisi ini tentu akan mempengaruhi gaya berpikir seseorang dalam kerangka kehidupan beragama yang toleran, inklusif dan moderat. Radikalisme pemikiran dan aksi keagamaan jauh lebih berbahaya jika tidak segera ditangani dengan serius.  Keterlibatan seluruh elemen dalam upaya pencegahan terhadap paham radikalisme sangat dibutuhkan.

Dalam konteks ini, untuk mengeliminasi terbentuknya kelompok keagamaan yang eksklusif di sekolah, setiap lembaga perlu untuk mengambil peran baik sebagai fasilitator maupun pengambil kebijakan dalam membantu siswa menuju proses ke arah kedewasaan, saling menghargai perbedaan, seperti perbedaan etnis, budaya, dan agama. Pendidik harus mampu bersikap lebih moderat dan mengambil kebijakan, memperkuat sosialisasi Pancasila, dan memperjelas pemahaman posisi keagamaan. Secara halus dapat dilakukan lewat bahasa-bahasa agama yang relevan dan sosialisasi pandangan tentang adanya nilai-nilai afinitas antara agama dan Pancasila, dengan harapan dapat mengembalikan corak keagamaan yang jadi ciri khas beragama di Indonesia, yaitu moderat, inklusif, dan toleran. Buku ini akan memberi gambaran lebih jelas dalam meneguhkan hujjah Aswaja di Indonesia.


Tags :

bm

Delta Pijar

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Delta Pijar
  • Februari 24, 1989
  • 1220 Manado Trans Sulawesi
  • contact@example.com
  • +123 456 789 111

Posting Komentar