Oktober 28, 2022

ISLAM DAN TANTANGAN ZAMAN: STUDI DERADIKALISASI WACANA DAN AKSI KEAGAMAAN DI DUNIA

 


Penulis: 

Dr. H. Faris Khoirul Anam, Lc., M.H.I.

M. Alifudin Ikhsan, S.Pd., M.Pd.

Prof. Dr. H. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I.

Dr. H. Abdul Adzim, Lc., M.Pd.

Zahrotul Muzdalifah, S.Pd., M.Pd.


Radikalisme pemikiran dan aksi keagamaan jauh lebih berbahaya jika tidak segera ditangani dengan serius. Keterlibatan seluruh elemen dalam upaya pencegahan terhadap paham radikalisme sangat dibutuhkan. Di tengah kebingungan masyarakat akan hal ini, secara berkesinambungan penulis telah melakukan penelitian berupa (1) Implementasi Model Pembelajaran Aswaja untuk Membentuk Muslim Berkarakter Religius – Nasionalis; (2) Edukasi dan Pendampingan Sekolah Berbasis Peace Culture Education untuk Mencegah Radikalisme dan Ekstrimisme Bermotif SARA; (3) Kajian Kualitatif terhadap Pemahaman Al-Qur’an sebagai Religious Literacy Process pada Mahasiswa. Ketiga penelitian tersebut telah mengungkap banyak fakta menarik yang perlu untuk dipublikasikan dalam bentuk buku. Publikasi atas tiga penelitian di atas juga telah diterbitkan sebagai artikel dalam 2 jurnal internasional bereputasi yang nantinya akan menjadi sumber rujukan utama dalam penulisan buku ini.

Berbagai pertanyaan seputar radikalisme beragama dalam aksi dan wacana keagamaan saat ini menjadi keresahan tim peneliti sebagai akademisi yang fokus dalam bidang studi Islam. Buku ini mencoba memberikan wawasan untuk membentuk muslim berkarakter religius-nasionalis, yang sekaligus mendiseminasikan pelaksanaan hasil penelitian yang telah dilakukan sejak 2021 lalu. Buku ini terlahir dari maraknya kasus radikalisme atas nama agama yang terjadi di Indonesia. Berbagai pihak menganggap bahwa kekerasan atas nama agama oleh mahasiswa sebenarnya diakibatkan karena eksrimnya pemahaman lingkungan asalnya dalam menyampaikan nilai-nilai agama. Padahal Islam menekankan moderatisme, inklusivitas, dan toleransi yang termaktub dalam Al-Quran, seperti perlindungan hak asasi manusia, kebebasan beragama, kesetaraan dan peluang yang setara untuk hak asasi manusia dalam masyarakat sipil.


Tags :

bm

Delta Pijar

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Delta Pijar
  • Februari 24, 1989
  • 1220 Manado Trans Sulawesi
  • contact@example.com
  • +123 456 789 111

Posting Komentar