Oktober 03, 2022

KONSELING MULTIBUDAYA DALAM KONTEKS NUSANTARA


 

KONSELING MULTIBUDAYA

DALAM KONTEKS NUSANTARA

Penulis: Dr. Muslihati, S.Ag., M.Pd



            Buku Konseling Multibudaya dalam Konteks Nusantara ini berisi tentang kajian konseptual dan implementasi konseling multibudaya, khususnya dalam konteks keragaman Nusantara. Secara rinci buku ini terdiri dari tujuh bab. Bab satu mengulas tentang hakikat budaya dan multibudaya yang terdiri dari ulasan tentang hakikat budaya, hakikat multibudaya, unsur-unsur budaya dan multibudaya, keragaman budaya di Indonesia dan budaya barat dan budaya timur. Bab dua menjelaskan budaya dan kognisi, emosi dan kepribadian yang terdiri dari budaya dan kognisi, budaya dan emosi, budaya dan kepribadian. Bab tiga mengulas tentang konseling multibudaya terdiri dari hakikat konseling multibudaya, prinsip-prinsip konseling multibudaya, orientasi konseling multibudaya, konseling multibudaya di era digital. Bab empat membahas tentang hambatan dalam konseling multibudaya, komunikasi dalam konteks multibudaya, hambatan dalam interaksi multibudaya, pengelolaan hambatan dalam interaksi multibudaya. Bab lima mengulas kompetensi multibudaya konselor, hakikat kompetensi multibudaya, aspek-aspek kompetensi multibudaya konselor, model-model pengembangan kompetensi multibudaya. Pengembangan kesadaran multibudaya melalui eksperiensial learning. Bab enam membahas tentang issu-issu konseling multibudaya di indonesia isu suku, ras, dan agama, gender, usia dan status sosial, orientasi seksual, isu teknologi dalam konseling multibudaya. Bab tujuh membahas tentang konseling multibudaya khas nusantara, landasan filosifis dan yuridis konseling multibudaya khas nusantara, orientasi konseling multibudaya khas indonesia, ragam konseling multibudaya khas nusantara, teknik-teknik konseling khas Nusantara.

            Buku ini ditulis berdasarkan kajian teoritik dan empiris para ahli dan praktisi khususnya dalam konteks Nusantara. Karena itu maka buku ini dapat menjadi rujukan bagi para pendidik konselor, mahasiswa bidang pendidikan khususnya bimbingan dan konseling dan bidang layanan pemberian bantuan kemanusiaan atau helping profession lainnya di masyarakat. Buku ini juga dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling di berbagai jenjang dan jenis pendidikan. Buku ini merukan rujukan pembelajaran, praktis professional dan pengembangan kajian konseling multibudaya. 

Tags :

bm

Delta Pijar

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Delta Pijar
  • Februari 24, 1989
  • 1220 Manado Trans Sulawesi
  • contact@example.com
  • +123 456 789 111

Posting Komentar