Oktober 20, 2022

Memberantas Buta Aksara Al-Qur’an di Jenjang Perguruan Tinggi

Memberantas Buta Aksara Al-Qur’an
di Jenjang Perguruan Tinggi


Penulis: 
Siti Lailatul Isnaini
Yusuf Hanafi
Ahmad Munjin Nasih
Ibnu Samsul Huda
 


Kemampuan membaca kitab suci dengan baik dan benar merupakan kewajiban setiap insan beragama. Ironisnya, banyak mahasiswa Muslim tidak memiliki kemampuan yang memadai dalam membaca Al-Qur’an. Berangkat dari ihwal inilah, penulis mencanangkan kampanye bebas buta aksara al-Qur’an untuk peserta didiknya.

Di era digitalisasi saat ini sangat penting dan vital untuk mengemas data dan informasi dalam wujud media yang mudah diakses oleh banyak pihak. Dengan mempertimbangkan urgensi tersebut, kami menyajikan data dan informasi mengenai rekam jejak dari rangkaian kegiatan pembelajaran baca al-Qur’an yang dikemas menjadi kesatuan dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Bagian pertama buku ini memaparkan tentang kondisi kemampuan membaca al-Qur’an yang ideal dibandingkan dengan realita yang sesungguhnya terjadi di kalangan mahasiswa. Pada bagian ini dipaparkan, terdapat Perguruan Tinggi Umum (PTU) yang sangat peduli dengan kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswanya, dimana hal itu dilakukan dengan sungguh-sungguh guna memperbaiki kondisi tersebut.

Bagian kedua memuat informasi lengkap dalam memberantas buta aksara al-Qur’an melalui kegiatan Bimbingan Baca Al-Qur’an (BBQ). Pada bagian ini dipaparkan sistem yang digunakan, kurikulum serta buku ajar yang disusun dan digunakan secara mandiri. Pada bagian akhir dipaparkan pula aplikasi pendukung sebagai gebrakan teknologi dalam pembelajaran al-Qur’an untuk mempermudah dan membantu pelaksanaan pembelajaran. Pada bagian ketiga dipaparkan secara rinci perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi bimbingan baca al-Qur’an. Bagian keempat penulis menggali keefektifan pelaksanaan BBQ, dan keterkaitan antara kemampuan bahasa Arab terhadap membaca al-Qur’an. 

Tags :

bm

Delta Pijar

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Delta Pijar
  • Februari 24, 1989
  • 1220 Manado Trans Sulawesi
  • contact@example.com
  • +123 456 789 111

Posting Komentar