Desember 06, 2022

LANSKAP LINGUISTIK WISATA RELIGI

 LANSKAP LINGUISTIK WISATA RELIGI


Penulis:

Badriyah Wulandari, S.Pd., M.A.


        lanskap linguistik (linguistic landscape) merupakan kajian sosiolinguistik modern yang berhubungan dengan penggunaan bahasa di ruang publik sebagai eksistensi masyarakat bahasa. Nash (2016) dalam Is Linguistic Landscape Necessary menuliskan bahwa lanskap linguistik secara garis besar merupakan kajian linguistik yang bertujuan menghubungkan bahasa dengan tata ruang tempat dan waktu (spasial), semiotika dengan mobilitas, serta citra dengan interaksi sosial di suatu tempat. Lanskap linguistik juga dapat menjadi kerangka dasar untuk mengetahui pengaruh bahasa asing di suatu tempat. Hal ini kemudian berdampak pada penyimpulan kuat atau lemahnya bilingualisme serta multilingualisme dalam suatu masyarakat. Lanskap linguistik menjadi topik yang menarik karena kita dapat menemukan begitu banyak penggunaan bahasa yang terpajang di ruang publik seperti reklame, rambu lalu lintas, nama jalan, nama gedung dan pertokoan yang dapat dikaji secara lanskap linguistik. Oleh karena itu, buku ini menyajikan fenomena yang berbeda, yaitu bahasa yg terpajang pada ruang publik di daerah wisata religi.

        Indonesia memiliki berbagai wisata religi yg menjadi tujuan masyarakat, salah satunya yg berada di Kota Pasuruan, yaitu Makam KH Abdul Hamid. Kompleks makam KH Abdul Hamid merupakan salah satu situs wisata religi yang menjadi tujuan utama di Kota Pasuruan. Nama KH Abdul Hamid sebagai ulama besar membuat masyarakat muslim kerap berziarah ke makam KH Abdul Hamid dan ulama lain yang dimakamkan di lokasi yang sama. Destinasi wisata religi Makam KH Abdul Hamid Kota Pasuruan adalah pariwisata yang mengandalkan budaya dan sejarah. Jadi, bahasa sebagai bagian dari budaya dan sejarah merupakan unsur penting di destinasi wisata tersebut. Wisata Religi Makam KH Abdul Hamid Kota Pasuruan adalah tempat dengan intensitas dan dinamika penggunaan LL yang sangat tinggi. Hal ini ditandai dengan berbagai ragam bentuk-bentuk bahasa pada ruang publiknya. Keragaman bentuk-bentuk bahasa tersebut mengandung fungsi, makna, dan nilai-nilai budaya. 

Tags :

bm

Delta Pijar

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Delta Pijar
  • Februari 24, 1989
  • 1220 Manado Trans Sulawesi
  • contact@example.com
  • +123 456 789 111

Posting Komentar