Desember 02, 2022

MEMANTIK KEWASPADAAN DUNIA, MELALUI EDUKASI PANDEMI

 

MEMANTIK KEWASPADAAN DUNIA,

MELALUI EDUKASI PANDEMI


Ika Nurnaila Syakhsiyah


Permasalahan dan solusi bak pasangan yang tidak terpisahkan satu sama lain. Menjadi hal yang wajar, ketika sebuah permasalahan pada satu titik justru merupakan jawaban atau solusi atas masalah yang akan muncul berikutnya. Demikian pula dengan krisis yang ditimbulkan oleh Pandemi. Tak hanya kali ini dunia dihadapkan pada kondisi Pandemi, yang itu berarti tidak menutup kemungkinan akan terjadi Pandemi-pandemi berikutnya. Tujuan mempelajari seluk beluk krisis Pandemi saat ini akan menjadi jembatan terbaik dalam mempersiapkan Pandemi di masa yang akan datang.

Krisis awal Pandemi menunjukkan dampak yang signifikan pada bidang kesehatan individu hingga komunitas, akan tetapi semakin masif dampak yang ditimbulkan, tidak ayal bidang-bidang lain juga ikut terseret pusarannya seperti bidang pendidikan, psikologi, keagamaan, ekonomi, politik, dan sosial budaya. Hal tersebut juga sempat ramai diperbincangkan dari mulut ke mulut di media sosial. Tidak berhenti sampai disini saja, mobilitas yang tinggi pada zaman 4.0, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tua sedang gencar-gencarnya menginovasikan segala pemikiran, waktu, dan usaha untuk mengeksplorasi dirinya. Ketika dihadapkan oleh aba-aba lockdown, Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB), new normal dst, krisis ini menjelma, menggerogoti jiwa-jiwa manusia yang mulai bosan, kesepian, dan haus akan motivasi.

Adapun cara untuk memperkuat persiapan di fase pra-bencana (kondisi krisis) yakni dengan mengupayakan tindakan preventif dan mitigasi. Salah satu bentuk tindakan preventif berupa edukasi kesehatan, serta alasan yang mendasari dipilihnya upaya tersebut karena memiliki risiko terpapar atau kontak erat relatif rendah, sedangkan manfaat atau outcome yang diperoleh sangatlah besar. 

Buku ini ditulis dengan tujuan memberi gambaran situasi masyarakat terhadap Pandemi COVID-19, terutama dalam segi pengetahuan tentang COVID-19 yang sedang menginjak 6 bulan kehadirannya di tanah air. Memberi wadah dan bekal keilmuan serta mengajak pembaca untuk berperan aktif minimal di lingkungan keluarganya, di lingkup tempat tinggalnya atau lebih luas lagi. Buku ini diharapkan dapat digunakan sebagai buku referensi khususnya oleh mahasiswa kedokteran dan ilmu kesehatan. Buku ini dikemas dengan Bahasa yang lebih fleksibel dan pembahasan yang holistik sehingga masyarakat luas pun juga dapat mempelajarinya.

Buku ini membahas tentang konsep sehat, penyebab sakit, bencana/masalah, dan solusi kreatif yang disuguhkan penulis buku terhadap pelaku edukasi di masyarakat. Adapun pengertian, penyebab, faktor risiko hingga prognosis atau tingkat kesembuhan penyakit terhadap terjadinya Pandemi COVID-19 ini juga dibahas dalam subab tersendiri pada tinjauan pustaka. Pembahasan ini bermanfaat untuk membawa pembaca terhadap pemahaman yang menyeluruh tentang terjadinya suatu kejadian penyakit yang mendatangkan situasi Pandemi global.

Peranan dari berbagai sektor (multisektoral) yang sangat berpengaruh besar terhadap homeostasis kehidupan komunitas luas, tidak kalah pentingnya. Pandemi bagi kebanyakan orang bahkan masyarakat dunia merupakan suatu bencana dan masalah besar, akan tetapi dibalik semua itu terdapat pembelajaran, ilmu, dan kerendahan hati terhadap makhluk yang tidak bisa kita lihat dengan kasat mata pun sangat dapat kita rasakan kehadirannya. Pandemi memberi jeda kepada umat untuk berefleksi diri, membangun lingkup pengaruh seseorang terhadap sekelilingnya lebih kuat dan erat. Menghargai sebuah pertemuan yang ternyata mahal nilainya. Dan membuktikan hingga hari ini orang-orang yang mampu bertahan adalah orang-orang yang lolos seleksi alam. Bagi sejawat, guru, dan orang-orang yang telah gugur adalah orang-orang yang menjadi perantara ilmu Tuhan atas peristiwa langka dunia (Pandemi).

Tags :

bm

Admin

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Admin
  • Februari 24, 1989
  • 1220 Manado Trans Sulawesi
  • contact@example.com
  • +123 456 789 111

Posting Komentar