November 25, 2023

STRATEGI 
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB 
DI SEKOLAH


Penulis: 
Prof. Dr. Hanik Mahliatussikah, S.Ag. M.Hum. ê
Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd. êProf. Dr. Wildana Wargadinata, Lc., M.Ag. ê
Dr. Mohammad Ahsanuddin, M.Pd. êDr. Mamluatul Hasanah, M.Pd. ê
Ahmad Makki Hasan, M.Pd.


Buku ini berjudul Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah. Buku ini memuat 6 bab di dalamnya, yaitu Strategi Role Play and Simulation (RPS), Strategi Project Based Learning (PjBL), Strategi Discovery Learning (DL), Strategi  Cooperative Learning (CoL) dan Small Group Discussion (SGD), Strategi Contextual Learning (CL), Strategi Problem Based Learning (PBL). Buku ini sangat penting bagi para pengajar bahasa Arab dalam berbagai jenjang karena memuat strategi pembelajaran yang diamanahkan oleh abad 21, yaitu pembelajaran berbasis proyek untuk siswa/mahasiswa. Pembelajaran yang berbasis proyek inilah yang sesuai dengan kebutuhan kurikulum OBE yang digalakkan dalam pembelajaran.

Pada bab pertama akan dikupas tentang Strategi Role Play and Simulation (RPS), yaitu pembelajaran yang menerapkan metode bermain peran, salah satu metode pendidikan kooperatif. Metode ini efektif untuk membuat siswa memahami dan mengingat isi materi yang telah disampaikan oleh pengajar. Pada bab kedua, akan dibahas mengenai Strategi Project Based Learning (PjBL, yaitu pembelajaran yang  melibatkan siswa dalam proyek nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari atau kebutuhan industri. Bab ketiga setelahnya akan mengupas lebih lanjut mengenai Strategi Discovery Learning (DL), yaitu pendekatan pembelajaran dimana peserta didik diberi kesempatan oleh pengajar untuk mengeksplorasi dan pengetahuannya sendiri. Hal ini bertujuan agar peserta didik secara langsung terlibat dalam eksperimen dan memecahkan masalah.

Pada bab keempat, akan mengupas tentang Strategi  Cooperative Learning (CoL) dan Small Group Discussion (SGD). Strategi  Cooperative Learning (CoL) strategi pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran bersama-sama, sedangkan Small Group Discussion (SGD) adalah strategi pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam diskusi kelompok kecil untuk memecahkan masalah atau memahami materi Pelajaran. Pada bab kelima, strategi pembelajaran yang akan dibahas adalah Strategi Contextual Learning (CL), yaitu  suatu konsep yang membantu guru mengaitkan materi Pelajaran dengan situasi dunia nyata dan memotivasi peserta didik untuk membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan nyata sebagai anggota keluarga, masyarakat, ataupun negara. Bab keenam, bab terakhir dari bab ini akan dibahas mengenai Strategi Problem Based Learning (PBL) yaitu strategi pembelajaran yang menuntun peserta didik untuk memecahkan masalah dan merefleksikan pengalamannya, sehingga kemampuan kognitif seperti penalaran (inkuiri), komunikasi, dan koneksi dapat berkembang.

 

Tags :

bm

Delta Pijar

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Delta Pijar
  • Februari 24, 1989
  • 1220 Manado Trans Sulawesi
  • contact@example.com
  • +123 456 789 111

Posting Komentar