Mei 30, 2024

JEJAK GANDRUNG BANYUWANGI

 

JEJAK GANDRUNG BANYUWANGI

Penulis:
Eko Budi Setianto
Lilik Subari, M.Sn.


Perjalanannya dan keberadaannya sudah merentang waktu hingga satu abad lebih. Pro-kontra yang menyertainya pun tak jua reda. Namun, dia tetap tumbuh dan menjalar, menembus pergantian musim dan zaman. Tanpa rintih kesakitan menghadapi berbagai tekanan dan tantangan, dia terus hidup dan menghidupi diri sendiri, hingga saat ini.

Tentang keberadaan kesenian asli Banyuwangi yang konon lahir dari kancah perjuangan ini, kebanyakan orang hanya bisa menilai dari luar tanpa bisa memahami kenapa dia begitu kukuh mempertahankan hidupnya. 

Tanpa bermaksud untuk membongkar-bongkar dan membeber keburukan ataupun mempermasalahkan dinamika yang terjadi di dalam ‘gerbongnya’, buku ini hanya ingin mengajak pembaca yang budiman untuk menelisik lebih jauh tentang apa yang ada di dalamnya dan bagaimana rupa sebenarnya dari kesenian kuno yang bernama ‘Gandrung Terop’ ini.

Dengan berbagai keterbatasan dan kesulitan yang ada, penyusunan buku ini memang jauh dari sempurna. Namun, sesedikit apapun, penulis berharap buku yang tersusun dari serpihan-serpihan tulisan yang berserak di-file dan wawancara langsung dengan para pelaku kesenian ini, bisa sedikit membantu pembaca untuk mengenal lebih jauh tentang kesenian yang tak lekang oleh perkembangan zaman ini.

Semoga buku sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca! 

Tags :

bm

Delta Pijar

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Delta Pijar
  • Februari 24, 1989
  • 1220 Manado Trans Sulawesi
  • contact@example.com
  • +123 456 789 111

Posting Komentar