Oktober 02, 2024

DASAR-DASAR PENGAJARAN & PENILAIAN LITERASI SAINTIFIK


 

Penulis:
Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si.
Dr. Muhammad Saefi, M.Pd.



       Pemerintah Indonesia baru saja mencanangkan Gerakan Literasi Sekolah, termasuk literasi saintifik. Literasi saintifik telah diperkenalkan di seluruh dunia sebagai upaya membangun budaya ilmiah di sekolah. Literasi saintifik merupakan kapasitas menggunakan pengetahuan sains untuk mengidentifikasi pertanyaan dan/atau permasalahan dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti untuk membuat keputusan tentang fenomena alam dan perubahannya akibat aktivitas manusia maupun teknologi. Tujuan pendidikan literasi saintifik adalah membangun masyarakat kritis yang berlandaskan pada bekerja dan berpikir ilmiah.

Namun, literasi saintifik belum dapat dimaknai dan didefinisikan dengan baik oleh para calon guru maupun guru di sekolah. Para calon guru dan guru menghadapi tantangan seperti konseptualisasi penilaian literasi saintifik yang beragam, dan pandangan tentang apa sebenarnya pengajaran literasi saintifik yang efektif. Buku ini mengusulkan solusi praktis atas masalah ini, dengan cara membangun siswa berliterasi saintifik melalui pembelajaran aktif seperti inquiry based learning, challenge based learning, dan problem based learning. Buku ini secara khusus mengenalkan pengembangan literasi saintifik melalui pembelajaran sains dengan fitur utama berupa aspek penting penilaian dan pengajaran literasi saintifik. Buku ini memberikan penjelasan dan prinsip-prinsip panduan secara rinci untuk pengajaran dan penilaian efektif yang dapat diikuti sekolah untuk mengoptimalkan pencapaian literasi saintifik di sekolah.


Tags :

bm

Delta Pijar

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Delta Pijar
  • Februari 24, 1989
  • 1220 Manado Trans Sulawesi
  • contact@example.com
  • +123 456 789 111

Posting Komentar